Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Targetkan 4 Millyar, BAZNAS Bojonegoro Sosialisasikan dan Bentuk UPZ Masjid

Amanah, Profesional & Akuntabel

Pada Selasa, 10 Maret 2020, Baznas Kabupaten Bojonegoro mengadakan sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Se-Kecamatan Bojonegoro. Acara tersebut dilaksanakan pukul 09.00-11.00 WIB. Bertempat di Masjid Agung Darussalam Bojonegoro, sosialisasi ini merupakan agenda kedua setelah di Masjid Al Birru Pertiwi pada (09/03/20).

Selaku pimpinan BAZNAS Bojonegoro, Ustaz Agus Sholahuddin dan H. Lugito Abdhul Kadir, menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut. Dari 25 Masjid yang diundang, perwakilan per Masjid sebanyak 2 orang takmir.

 

Diadakannya Pembentukan UPZ Masjid oleh BAZNAS Kabupaten Bojonegoro, hal ini sesuai dengan UU Perbaznas No. 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid. Pembentukan UPZ Masjid ini sebagai upaya pengoptimalisasian pengumpulan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) di BAZNAS Bojonegoro.

Pada tahun 2020, BAZNAS Kabupaten Bojonegoro memiliki target pengumpulan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) sebesar 4 Millyar. Upaya pembentukan UPZ Masjid di seluruh Kabupaten Bojonegoro ini, diharapkan bisa membantu mencapai target tersebut.

Ustaz Agus Sholahuddin, dalam sosialisasi tersebut mengatakan bahwa dengan membentuk UPZ Masjid, maka UPZ telah resmi menjadi amil syar’i dan sebagai wakil mustahiq. Selain itu, dana pengumpulan ZIS di UPZ Masjid seratus persen dikelola dan didistribusikan sendiri. Namun, tetap ada laporan yang harus disetorkan kepada BAZNAS Bojonegoro sebagai bentuk pertanggungjawaban.(Aristia/Rahayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *