Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Sambut Ramadhan, Baznas Bojonegoro Santuni Siswa Yatim

Amanah, Profesional & Akuntabel

Bojonegoro – Santunan kepada siswa yatim kembali disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bojonegoro. Kali ini santunan berupa peralatan sekolah dan dana tunjangan  kepada 50 siswa SMP Negeri 4 Bojonegoro. Acara yang dimulai pukul 07.00 Wib itu, berlangsung di halaman sekolah dengan dirangkai pengajian dalam rangka peringatan isra miraj serta menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Selasa (15/05/2018). Pemberian simbolis oleh kepala sekolah mewakili kepala Baznas Bojonegoro yang berhalangan hadir.

Tri Puji, kepala sekolah SMP Negeri empat ini menjelaskan. Santunan  yang diberikan oleh Baznas kepada siswanya baru pertama kali itu diadakan. Karena terbatas, sehingga tidak semua siswa mendapatkan bantuan tersebut. Siswa dan siswi yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang ditinngal oleh ibu atau bapaknya (yatim). Selain yatim, yang menjadi indikasinya adalah orang tua mereka yang berekonomi rendah. ” (Orang tuanya) banyak yang bekerja sebagai buruh”, imbuhnya pria tersebut.

Sering ia jumpai -siswanya- kondisi sepatu mereka yang sudah _jebol_ dan beberapa tasnya sudah sobek. Sehingga bantuan yang diberikan kepada  siswanya itu berupa tas maupun peralatan sekolah lainnya. Sementara yang mendapatkan santunan itu -dirinya sampaikan- siswa kelas tujuh dan delapan. “Biar bisa lebih merasakan bantuannya mas”, terangnya sambil sedikit bergurau. Jika diberikan kepada siswa yang sudah kelas sembilan, kemungkinan sedikit mereka rasakan, sebab akan lulus sekolah.

Selain itu,  ketika berbincang- bincang di ruang kantornya, ia sampaikan. kegiatan tersebut -dirinya menanggapi- kegiatan itu dirangkai dengan pengajian atau tausiyah islami. Sebab yang ia harapkan adalah tidak hanya bantuan berupa fisik (materi), namun bantuan berupa ilmu, kajian rohani, ataupun motivasi pengalaman kepada para siswa juga sangat mereka butuhkan. Hal itu tidak lain agar mereka terbentuk menjadi pribadi yang lebih baik. “Kami sangat mendukung jika pengajian (seperti ini) menjadi rutinan, satu atau dua bulan sekali”, harap kepala sekolah kelahiran Sumatra itu.

Muhammad Iqmal, siswa kelas tujuh itu mengungkapkan. Ia  sangat senang  mendapatkan bantuan itu. Sementara, Siswa asal Karang Pacar Bojonegoro ini menjelaskan. Bantuan seperti itu sering ia dapatkan. Tidak hanya dari Baznas, ketika moment menjelang ramadhan seperti itu  juga ia dapatkan santunan dari guru-guru ataupun dari pihak lainnya. “Setelah ini akan lebih rajin lagi belajarnya”, harap dirinya, anak  yang yatim sejak kelas satu SD itu. – AHM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *