Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Ratusan Mahasiswa ikuti seleksi Program Beasiswa Genius BAZNAS

Amanah, Profesional & Akuntabel

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2019 melalui “Program Bojonegoro Genius” membuka Program Beasiswa Genius untuk Tingkat Strata (S1), yang mana kesempatan program dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di wilayah Kabupaten Bojonegoro, tentunya yang telah memenuhi & lolos atas persyaratan dan tahapan yang telah ditentukan oleh BAZNAS.

Diantara persyaratan dan tahapan dimaksud adalah mahasiswa/peserta harus penduduk asli, domisili dan kuliah di wilayah Bojonegoro, IPK minimal 3.00, dan yang paling penting ialah mereka harus dari keluarga tidak mampu (fakir/miskin), karena pos dana yang digunakan untuk program ini adalah dana Zakat, sehingga penyalurannya harus sesuai dengan asnaf zakat (golongan penerima zakat) yang disebutkan di dalam al-Qur’an, diantaranya ialah fakir/miskin.

Selain beberapa persyaratan di atas, mahasiswa harus mengikuti tahapan yang telah ditentukan, yakni ;

Satu, mahasiswa harus melengkapi persyaratan administrasi, berkas dikirim ke email dan langsung ke kantor BAZNAS.

Kedua, seluruh berkas yang telah terkumpul akan diseleksi oleh Tim BAZNAS, setelahnya hasil validasi & verifikasi kelengkapan data akan diumumkan kepada mahasiswa pendaftar, baik secara luas melalui website dan broadcast langsung ke masing-masing pendaftar.

Ketiga, setelah mahasiswa dinyatakan lolos verifikasi data, mahasiswa akan melalui tahap selanjutnya yakni Tes Wawancara, Tim BAZNAS akan secara langung mewawancarai para pendaftar/mahasiswa. Setelahnya, hasil wawancara akan diumumkan kembali ke masing-masing pendaftar.

Keempat, tahap terakhir setelah para mahasiswa yang dinyatakan lolos Tes Wawancara, Tim BAZNAS akan memverifikasi data sesuai dengan tempat tinggal/rumah mereka guna mengetahui kebenaran data tersebut.

Program Beasiswa Genius ini, diikuti oleh 193 mahasiswa. Pendaftaran yang sesuai dengan persyaratan dan melengkapi berkas sejumlah 173 anak. Dari 173 mahasiwa tersebut, akan diambil 25 anak. Karena pada Tahun ini, BAZNAS menargetkan 25 orang penerima Beasiswa Genius untuk tingkat Perguruan Tinggi ({PT). Dan insyaallah program ini akan dibuka setiap tahun, adapun kuota menyesuaikan kekuatan anggaran BAZNAS.

Disamping Beasiswa untuk tingkat PT, akan dibuka juga Beasiswa Genius untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs, time schedule telah ditetapkan tinggal menunggu waktu pelaksanaan.

Harapannya, dengan Program Bojonegoro Genius berupa beasiswa pendidikan oleh BAZNAS Kabupaten Bojonegoro ini, mampu untuk mencetak generasi-Generasi Islam yang Unggul dan Religius khususnya dari keluarga tidak mampu, sehingga kelak mereka dapat menjadi kader-kader terbaik yang dapat berkontribusi besar untuk kemajuan Bojonegoro. -Aim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *