Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Optimalkan Perolehan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) BAZNAS Bojonegoro Syiar dan Bentuk UPZ Masjid

Amanah, Profesional & Akuntabel

Sesuai UU Perbaznas No 2 tahun 2016, BAZNAS dapat mengoptimalkan perolehan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui pembentukan UPZ Masjid. Menindaklanjuti UU Perbaznas tersebut, BAZNAS Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sosialisasi dan pembentukan UPZ Masjid kepada Takmir Masjid Jami’ se Kecamatan Dander di Masjid Al Birru Pertiwi pada (09/03/2020). Sosialisasi ini diikuti oleh 50 orang dari unsur takmir masjid jami’ se-Kecamatan Dander.

Perlu diketahui bahwa, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu mulai dari pengumpulan dana ZIS. Pun UPZ dapat mengelola dan mendayagunakan dana ZIS berupa program kerja yang telah disusun dan rencanakan. BAZNAS dapat membentuk UPZ pada tingkat OPD, BUMN, BUMD, kecamatan, SMPN, dan sebagainya. Pun kali ini UPZ di Masjid se Kabupaten Bojonegoro.

Dalam penyampaian materi UPZ Masjid, ketua BAZNAS Bojonegoro, beliau Dr. Nurul Huda, M.HI mengungkapkan, “Saat ini zakat belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat karena mayoritas kegiatan pengumpulan zakat baru dilaksanakan setahun sekali saat pengumpulan zakat fitrah. Takmir masjid diutamakan dapat mengelola zakat dengan membentuk UPZ di masjid. Sehingga, manfaat ZIS dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar,” tegas Nurul Huda.

UPZ memperkuat pengumpulan zakat (bukan hanya infak), memperkuat ketertiban setor by name by adress, memperkuat program penyaluran di lingkungan masing-masing. Selain itu, membentuk UPZ tentunya sangat mudah sekali. Tidak ruwet. Cukup ajukan struktur pengurus UPZ (setor nama) yang terdiri dari pembina yang biasanya diwakili oleh ketua takmir masjid, ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Nanti BAZNAS yang akan membuatkan Surat Keputusan (SK).

Selain itu, wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Agus Sholahuddin, M.HI menambahkan, “Dana ZIS yang diterima oleh UPZ Masjid dapat dikelola 100℅. Dengan ketentuan ada laporan pertanggungjawaban yang disetorkan pada BAZNAS Bojonegoro dalam kurun waktu tertentu.”

“Ke depan, tahun 2020 ini BAZNAS Bojonegoro targetkan 4 Miliyar perolehan dana ZIS. Dengan pembentukan UPZ Masjid ini diharapkan dapat membantu dalam mencapai angkat tersebut. Dan tentunya, dana ZIS akan didistribusikan kepada yang berhak.” Tambah Ustaz Agus Sholahuddin.(Rahayu Lestari Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *