Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Lejitkan Pengumpulan ZIS, BAZNAS Bojonegoro Undang Takmir Masjid Se Kecamatan Balen Tuk Membentuk UPZ Masjid

Amanah, Profesional & Akuntabel

 

Pagi ini, Senin (16/03/2020) BAZNAS Bojonegoro kembali melakukan sosialisasi terkait pembentukan UPZ Masjid Se-Kabupaten Bojonegoro. Agenda ini bertempat di Masjid Nurul Muttaqin Desa Kemamang, Kecamatan Balen. Sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 30 takmir masjid Se-Kecamatan Balen. Dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB, terlihat takmir masjid sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan.

Selaku Pimpinan BAZNAS Bojonegoro, Ustadz Agus Sholahuddin menjadi narasumber pada agenda tersebut. Selain itu, Pelaksana Bidang Pendistribusian beliau Eko Arief Cahyono pun turut memoderatori penyampaian materi. Materi diawali dengan penjelasan terkait UPZ Masjid. Sesuai dengan UU Perbaznas Nomor 02 Tahun 2016, guna optimalisasi pengumpulan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) BAZNAS dianjurkan untuk membentuk UPZ Masjid. Karena dengan demikian, pengumpulan dana ZIS akan lebih maksimal. Pun terkait pemerataan penerima manfaat dana ZIS.

“Karena tingkatan BAZNAS terendah hanya pada tingkat Kabupaten, sehingga pembentukan UPZ Masjid ini akan membantu pengumpulan ZIS pada tingkat Kecamatan. Dana yang didapat UPZ Masjid nantinya tidak disetorkan ke BAZNAS Bojonegoro, melainkan 100% dikelola UPZ Masjid sendiri serta didistribusikan sendiri. Tentunya, penerima manfaat dana ZIS yaitu masyarakat setempat. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, tentunya setiap kurun waktu harus ada laporan kepada BAZNAS Bojonegoro.”

Ustadz Agus Sholahuddin menambahkan, “Masjid yang siap dibentuk UPZ akan diterbitkan Surat Keputusan (SK), sehingga resmi menjadi UPZ dan siap menjadi Amil Syar’i”. Pun UPZ Masjid dapat membuat program seperti santunan fakir miskin, bantuan orang sakit, bantuan gerobak, dan lain sebagainya yang menyangkut pendayagunaan ZIS tersebut.”

Agenda ini ditutup dengan tanyajawab. Terbukti, beberapa dari takmir mengajukan pertanyaan seputar UPZ Masjid.Ke depan, BAZNAS Bojonegoro berharap, setiap masjid di kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro dapat membentuk UPZ Masjid, sehingga pendayagunaan ZIS di Kabupaten Bojonegoro semakin merata.(Fanida/Rahayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *