Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

Kedai Santri dan Gaya Hidup Digital

Amanah, Profesional & Akuntabel

 

Selain harus cerdas intelektual, santri digital dituntut mampu berinovasi di zaman WA Story ini. Karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bojonegoro getol dukung kafe berbasis santri.

Desa Pomahan Kecamatan Baureno Bojonegoro, terdapat suasana yang berbeda pada (27/11). Tepatnya di sebuah kedai bernama Sahabat. Kedai santri binaan Baznas Bojonegoro tersebut, cukup ramai.

Sebab, hari ini, Baznas Bojonegoro melaunching kedai yang masuk dalam program Bojonegoro Produktif tersebut. Kedai Sahabat merupakan upaya Baznas memberdayakan sisi enterpreneur seorang santri.

Kordinator Kedai Sahabat, Saeful Anwar mengungkapkan, kedai yang awalnya dirintis santri MTs Darul Ulum Pasinan Baureno tersebut, berawal hanya menjual pizza.

Para santri muda tersebut, menjual pizza menggunakan gerobak kecil di pinggir jalan dekat SMP Baureno dan cukup laris menerima pesanan.

“Ingin memiliki kedai sendiri, agar usahanya maju dan berkembang impian kami seperti itu.” Kata Saeful.

Saeful bersyukur Baznas Bojonegoro memberi bantuan alat-alat kerja seperti cup siller, oven, frezzer, dan beberapa alat lainnya. Kini, bahkan kedai tersebut libatkan sejumlah janda untuk bekerja di tempatnya. Tujuannya, untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Fatiya, salah satu owner Kedai Sahabat mengatakan, pihaknya memilih pizza karena lebih banyak peluang. Sebab, kalau kopi, kentaki, pop ice itu sudah umum. “Selain itu, kedai ini pun menyediakan wifi serta interior modern.” Imbuhnya.

Wakil Ketua III Baznas Bojonegoro,
K.H Jamaluddin mengungkapkan, pihaknya bangga dengan santri masa kini yang kreatif dan inovatif dalam membikin usaha. Karena itu, bisa mendukung usaha tersebut merupakan sebuah kebanggaan.

“Kata hadist, rezeki yang paling banyak bahkan diperoleh dari berdagang.” Jelasnya.

 

sumber : https://jurnaba.co/kedai-berbasis-santri-dan-gaya-hidup-santri-digital/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *