Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

BAZNAS Journey : Syiar ZIS dan Bentuk UPZ Masjid di Kecamatan Kasiman

Amanah, Profesional & Akuntabel

 

Masih nuansa awal tahun, Baznas kabupaten Bojonegoro getol  sosialisasi dan pembentukan UPZ di Masjid. Salah satu masjid yang dikunjungi pagi ini yakni Masjid Baitussalam, Besah, Kasiman pada (11/03/2020). Hal ini tentu didasari pada UU Perbaznas No 02 Tahun 2016 tentang Optimalisasi pengumpulan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui pembentukan UPZ Masjid.

Sosialisasi dimulai pada pukul 09.30 WIB. Tak hanya pimpinan BAZNAS Bojonegoro, ada pula didampingi oleh ketiga relawan BAZNAS Bojonegoro yang sigap dalam mengkondisikan suasana.

Sebagai pembuka, Ketua BAZNAS Bojonegoro beliau Dr. Nurul Huda, M.HI memaparkan terkait pentingnya membentuk UPZ Masjid. Karena dengan UPZ Masjid, nantinya akan memudahkan pengumpulan dana ZIS dan tentunya akan lebih merata saat pendistribusian ke masyarakat setempat yang berhak.

“Seperti contoh program BAZNAS Bojonegoro Produktif, dana zakat yang diberikan kepada masyarakat berupa alat kerja dilakukan guna mengentaskan kemiskinan, sangat berbeda bila diberikan berupa uang secara langsung. Bukannya mengentaskan kemiskinan, tapi malah merawat kemiskinan” jelas Nurul Huda.

Dilanjut dengan Ustaz Agus Sholahuddin, selaku Wakil Ketua I memaparkan, “Proses pembentukan UPZ Masjid sangatlah mudah. Cukup dengan mengisi formulir susunan yang telah diberikan dari BAZNAS Bojonegoro, yang berisi nama pembina alias ketua takmir masjid, sekretaris, bendahara dan yang lainnya sebagai anggota. Baik itu anggota bagian pengumpulan, pendistribusian dan pelaporan. Ketiga bagian itu harus ada. Selanjutnya, nanti akan diterbitkan Surat Keputusan (SK) dari BAZNAS Bojonegoro. Dengan  begitu, UPZ Masjid sah menjadi amil syar’i dan sebagai wakil mustahiq.

Sosialisasi berjalan dengan lancar, antusias takmir masjid se-kecamatan Kasimanpun cukup baik. Terbukti, dengan diajukannya beberapa pertanyaan. Tentunya, seputar ZIS dan UPZ Masjid.(Radiya/Rahayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *