Jl. Trunojoyo no. 07 Bojonegoro
(0353) 351700 , 081239956080
baznaskab.bojonegoro@baznas.go.id

BAZNAS Bojonegoro Terbitkan Edaran Zakat Fitrah 1441 H

Amanah, Profesional & Akuntabel

 

Ramadan sudah di depan mata. Umat muslim akan menyambut dengan suka cita. Bulan penuh ampunan dan juga berlipat pahala. Tentu yang mau melaksanakan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Ramadan sangat erat hubungannya dengan zakat fitrah. Zakat sebagai pembersih jiwa. Dikeluarkan setahun sekali. Sangat beruntunglah bagi yang mengeluarkan zakatnya, dan merugilah bagi yang menyembunyikannya.

Rabu (22/04/2020), BAZNAS Bojonegoro resmi terbitkan Surat Edaran (SE) besaran zakat fitrah. SE tersebut berbunyi, di antaranya, besaran zakat fitrah berupa beras tahun 1441 H/2020 M sebesar 3 kg per jiwa. Sementara zakat fitrah berupa uang sebesar Rp. 30.000,- (Tiga puluh ribu rupiah).

SE tersebut merupakan hasil rapat kordinasi antara pimpinan BAZNAS Bojonegoro, di antaranya, Dr. Nurul Huda, M.HI, Agus Sholahuddin, M.HI, Eko Arief Cahyono, M.EK. Selain itu, Drs. H. M. Syamsuri, M.Pd selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Bojonegoro, Nur Alam selaku penyelenggara syariah serta Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bojonegoro yang diwakili oleh KH. Jamaluddin, S.Ag. Rapat diselenggarakan di Aula Kantor Kementerian Agama Bojonegoro pada Senin (20/04/2020) lalu.

Selain itu, poin selanjutnya dalam SE disebutkan guna pencegahan dan penanganan covid-19, maka dihimbau untuk masyarakat muslim menyegerakan (ta’jil) pembayaran zakat fitrah diawal bulan Ramadan.

“Surat edaran ini mengimbau agar masyarakat untuk menyegerakan (ta’jil) pembayaran zakat fitrah di awal bulan ramadan, sehingga bisa terdistribusikan kepada mustahik lebih cepat. Karena memang mereka sangat membutuhkan, apalagi yang terkena dampak covid-19, ” Pungkas Nurul Huda, selaku ketua BAZNAS Bojonegoro.(RahayuLestari Putri).

One Response

  1. Mahmud berkata:

    Baarokallaah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *